Pages

Jumat, 03 Mei 2013

Email

Postingan ini mengenai ..
A.   Pengertian email
B.   Sejarah email
C.   Manfaat email
D.   Penyedia jasa layanan email


A. Pengertian Email

Email adalah sarana berkirim surat elektronik melalui internet, yang memungkinkan pengirim dapat mengirim pesan langsung kepada satu atau lebih penerima. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.

B. Sejarah Email


Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.

Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG.
Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".

Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.

Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.

Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.

C. Manfaat Email


Secara umum, manfaat email adalah kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet

Tapi, jika ingin diperluas, berikut manfaat/kegunaannya..
1.       Pengiriman data yang sangat cepat dan murah.  
Dengan email, kita dapat mengirim surat berupa teks, gambar, video, ataupun file jenis lainnya ke seluruh penjuru dunia dengan biaya yang sangat-sangat murah (hanya bayar koneksi internetnya saja), yaitu dalam hitungan menit, bahkan detik. 
2.       Syarat Wajib untuk membuat akun Jejaring Sosial (seperti: facebook, twitter), atau akun lainnya. 
Email juga diperlukan untuk melengkapi proses pendaftaran/pembuatan akun untuk jejaring sosial ataupun situs lainnya. Jika tidak punya email, tentu anda tidak bisa membuatnya bukan? 
3.       Untuk mengirim promosi produk ke pelanggan (biasanya digunakan perusahaan). 
Untuk anda yang punya usaha/bisnis online/offline, email bias anda pergunakan untuk memberitahu kepada pelanggan setia anda tentang penawaran harga atau info-info menarik secara berkala agar pelanggan anda tidak berpindah ke lain hati. 
4.       Sebagai alat komunikasi massal ke banyak komunitas. 
Email bisa berguna untuk siapa saja, anak sekolah misalnya. Sekarang banyak sekolah favorit guru menyuruh muridnya mengerjakan pr dan mengirimnya ke alamat email guru itu. Demikian juga dengan mahasiswa.  Ada juga komunitas-komunitas tertentu yang mengadakan jumpa darat (bertemu langsung) dengan pemberitahuan via email. 
5.       Berlangganan informasi yang kita inginkan. 
Anda dapat mengisi formulir berlangganan yang disediakan oleh situs-situs yang bersangkutan, dan informasi yang dikeluarkannya akan dikirim ke alamat email anda. Mudah kan?
 D. Penyedia Jasa Email
1.       Gmail (mail.google.com) 
Gmail adalah layanan email dari google.com. Gmail merupakan layanan email dan chatt. Gmail menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Jadi Anda tidak perlu takut kehabisan ruang untuk menyimpan email anda. Gmail memiliki banyak fitur seperti POP dan IMAP yang bisa dimanfaatkan untuk menggunakan email client seperti outlook express (termasuk microsoft outlook) 
2.       Yahoo! Mail (yahoomail.com) 
Yahoo merupakan perintis layanan email gratis sehingga memiliki banyak pengguna. Di samping layanan emailnya, yahoo juga banyak digunakan untuk chatting dengan aplikasi instant messenger atau sering disebut YM. Yahoo juga menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas, akan tetapi yahoo international dengan TLD .com tidak memiliki fitur POP dan IMAP. Layanan tersebut hanya terdapat pada Yahoo Regional seperti Yahoo.co.id untuk Indonesia. 
3.       AIM mail (dashboard.aim.com/aim) 
AIM Mail, layanan email gratis berbasis web dengan ruang penyimpanan tidak terbatas, perlindungan spam yang bagus dan antar muka yang mudah digunakan. AIM Mail juga menawarkan akses POP dan IMAP sehingga lebih fleksibel bagi anda yang mempunyai rutinitas tinggi dalam penggunaan email. Sayangnya AIM Email tidak memiliki kelebihan pada produktivitas seperti pelabelan, folder dan pembagian surat-surat. 
4.       Windows Live Hotmail (hotmail.com) 
Merupakan penyedia layanan email gratis dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB, sistem pencarian yang cepat, keamanan yang solid dan antar muka yang mudah digunakan sebagai program email desktop. Windows Live Hotmail selalu memeriksa email yang masuk dengan scanning virus sehingga lebih aman. Akan tetapi dengan jalanya fitur-fitur tersebut, kecepatan akses dikorbankan sehingga menjadi lebih lambat. 
5.       Mail.com (mail.com) 
Mail.com sangat bagus untuk sebuah nama domain email. Dengan mendaftar di Mail.com Anda bisa memilih bermacam-macam domain untuk email Anda. Akan tetapi layanan keamanan di mail.com lebih sedikit jika dibandingkan dengan layanan email lainnya. 
6.       Excite (mail.excite.com) 
Sebuah portal yang mirip yahoo, dimana Anda bisa menikmati berbagai layanan jika memiliki sebuah account di situs ini. Kapasitas yang disediakan adalah 3 MB. Saya pertama kali memiliki e-mail adalah dari penyedia layanan ini. Hanya saja, saat ini akun e-mail saya di sini sudah tidak aktif lagi

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar